Membuat Typography Logo di CorelDraw - City Icon



Hai Guys, selamat datang kembali di Blog Belajar Desain Ilmugrafika.id, Pada Tutorial kali ini kita akan mencoba membahas Tutorial Typography di CorelDraw. 
Apa itu Typography? Dilansir dari Wikipedia Tipografi adalah seni cetak atau tata huruf yang merupakan suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Dalam Tutorial Typography CorelDraw Kali ini kita akan membuat Typography Logo City Icon, yaitu Logo yang berbentuk huruf dan berisi gambar ikon dari suatu kota atau negara dengan menggunakan teknik Manual Tracing, dan pada tutorial kali ini juga kita akan mempelajari cara menggunakan dan mengenal fungsi Powerclip. Penasaran kan? 



Terinspirasi dari Proyek yang diciptakan oleh Rigved Sathe dan Payal Jagwani yaitu dua orang mahasiswa dari India yang menciptakan sebuah proyek tipografi dimana setiap huruf alfabet diwakili oleh sebuah kota terkenal di dunia, maka pada Tutorial kali ini Ilmugrafika.id akan mencobamengulas Tutorialnya. Seperti apakah?


Membuat Typography Logo di CorelDraw - City Icon


1. Langkah pertama buka CorelDraw dan masukkan sebuah gambar yang merupakan Ikon dari sebuah Kota atau Negara, disini saya menggunakan gambar Monas sebagai Ikon dari Kota Jakarta.



2. Kemudian Buatlah huruf Inisial dari kota yang dimaksud. Karena disini saya menggambarkan Jakarta maka saya memakai huruf J untuk Inisialnya.
Sesuaikan Ukurannya hingga terlihat presisi dan pas dengan ikon yang akan kita ambil gambarnya



3. Selanjutnya lakukan Tracing manual dengan menggunakan Pen Tool. Trace pada Ikon Kota yang akan kita ambil sebagai Logonya, Lihat gambar,



4. Setelah itu seleksi Objek Inisial huruf dan garis hasil tracing tadi, kemudian pada Property bar klik Weld untuk menyatukan kedua objek tersebut. Objek ini yang akan kita jadikan Frame untuk Power Clip di langkah berikutnya



5. Setelah kedua objek tersebut menyatu langkah selanjutnya kita akan menggunakan Power Clip untuk menempatkan gambar di dalam Objek Frame yang kita buat tadi.
Klik gambar, kemudian pilih menu Object > PowerClip > Place Inside Frame. Kemudian klik Kursor pada Objek Frame (huruf) tadi, dan....



6. Akan tersisa gambar hanya di dalam frame yang kita buat tadi.



7. Untuk membuatnya lebih artistik kita aplikasikan Drop Shadow, klik Drop Shadow Tool, kemudian drag mouse dari tengah logo tipografi yang kita buat tadi ke arah luar, dan atur pengaturan Drop Shadownya pada Property bar, Transparency = 87, Feather = 15, Blending Mode = Normal.



8. Kemudian tambahkan nama kota yang dimaksud, Selesai!



Mudah Bukan? Dan berikut ini Video Tutorialnya!



Oke Itu dia Sekelumit Tutorial tentang Cara Membuat Typography Logo di CorelDraw episode City Icon dari Ilmugrafika.id. Nantikan Tutorial Typografi episode selanjutnya, dan Simak Juga Tutorial Lainnya yang pastinya gak kalah keren!.

Thanks For Visit Guys!
Membuat Typography Logo di CorelDraw - City Icon Membuat Typography Logo di CorelDraw - City Icon Reviewed by Syahrul Faiji on September 17, 2017 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.