Tutorial Cara Membuat Kaligrafi di CorelDRAW Cepat dan Mudah



Halo Guys, Bertemu lagi dengan Ilmugrafika.id, Blog Belajar desain untuk pemula, pada posting yang lalu kita telah mempelajari beberapa Tutorial Desain Huruf, dan diantaranya adalah Cara Membuat Tipografi dengan CorelDraw dan pada Tutorial kali ini pun kita masih akan membahas mengenai Desain Huruf yang sudah sangat familiar yaitu Kaligrafi. 

Sekilas tentang Kaligrafi, Kaligrafi berasal dari bahasa Yunani yaitu καλλι "keindahan" + γραφος "menulis" ) Bahasa Jepang Nihongo 日本語) adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini.
Seni kaligrafi sendiri lebih terkenal pada dunia islam. Sebab, kaligrafi biasanya diambil dari penggalan-penggalan dalam kitab suci Al Quran. Biasanya seni kaligrafi yang masuk ke dalam seni rupa islam selalu menjadi hiasan di dinding-dinding rumah ataupun masjid. Oleh karena itu di Negara yang memiliki mayoritas beragama Islam seperti Indonesia anda akan dengan mudah menemukan seni kaligrafi ini. Meskipun kaligrafi dalam tulisan arab lebih dikenal, tetapi saat ini banyak pula penerapan aplikasi ke dalam tulisan latin.
Biasanya kaligrafi di tulis dengan menggunakan pena ataupun kuas dan di aplikasikan pada kanvas, kulit sapi, dan/atau dinding. Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi Kaligrafi ini juga banyak dibuat dalam format digital dan digunakan sebagai wallpaper, background dan lainnya.



Dan berikut ini Ilmugrafika.id akan mengulas sedikit langkah langkah untuk membuat  Kaligrafi di CorelDRAW. 

Cara Membuat Kaligrafi di CorelDRAW 


1. Membuat kaligrafi di CorelDRAW dapat kita lakukan dengan satu alat, yaitu Artistic Media Tool, jika kita menggunakan Photoshop fungsi alat ini mirip dengan Brush, namun tentu saja hasilnya dalam bentuk yang berbeda.
Oke, untuk memulai Tutorialnya klik Artistic Media Tool



2. Artistic Media Tool sendiri memiliki 4 macam pilihan alat yang bisa digunakan, namun karena kita akan membuat kaligrafi maka pilih Calligraphic yang memiliki ikon pena seperti gambar di bawah ini



3. Untuk mengatur pena kita bisa mengaturnya pada Property bar dengan keterangan sebagai berikut :

  1. Freehand Smoothing : Untuk mengatur kelenturan kurva,
  2. Stroke Width : Untuk mengatur lebar kuas/pena
  3. Calligraphic Angle : Untuk mengatur sudut kemiringan kuas/pena 



4. Objek yang akan dihasilkan menggunakan Artistic media Tool ini berupa kurva, jadi kamu tidak perlu khawatir jika mendapati bentuk yang tidak sempurna saat membuat kaligrafi, karena kita bisa menyempurnakannya dengan menggunakan Shape Tool seperti yang kamu lihat pada gambar di bawah ini,





Dengan Cara diatas kamu bisa membuat Seni Grafis yang Artistik seperti :


  • Kaligrafi





  • Huruf Artistik






  • Sampai dengan Graffiti





Maaf kalo contohnya jelek. hhehehe...

Oh ya, tidak hanya hitam kamu juga bisa mengubah atau memodifikasi warnanya lho, coba cek :




Pelajari juga Tutorial CorelDRAW teks lainnya di bawah postingan ini untuk menambah kemampuan kamu.
Oke Guys, sekarang waktunya kamu Coba cara diatas dengan kreativitas kamu sendiri, selamat bereksperimen.
Tutorial Cara Membuat Kaligrafi di CorelDRAW Cepat dan Mudah Tutorial Cara Membuat Kaligrafi di CorelDRAW Cepat dan Mudah Reviewed by Syahrul Faiji on September 23, 2017 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.