Membuat Objek Melingkar di CorelDraw



Hai Guys, Welcome Back di Ilmugrafika.id, untuk kamu yang setia menyimak Tentunya sudah tahu cara mempercepat pekerjaan di CorelDraw dalam Memposisikan Objek dan Cara Merapikan Objek dengan Cepat. Dan Tutorial CorelDraw dasar kali ini kita akan belajar Cara Membuat Objek Melingkar di CorelDraw.

Pada tutorial kali ini kita akan Melingkarkan beberapa objek sehingga akan terbentuk lingkaran dari objek-objek tersebut. Namun jika kita memposisikan objek-objek tersebut sampai membentuk lingkaran secara manual, wah kebayang itu ribetnya. Tapi tenang guys, dalam tutorial ini kita akan melakukannya dengan cara yang cepat dan mudah.

Dalam Tutorial ini kita akan menggunakan Fungsi Transformation untuk melingkarkan objek di CorelDraw seperti objek bintang pada gambar Cover di bawah ini.



Oke Guys, kamu pasti gak sabar pengen langsung terjun. Come On!


Cara Membuat Objek Melingkar dengan CorelDraw


1. Langkah pertama kita buat dulu objek yang akan di lingkarkan. Disini saya menggunakan objek bintang yang bisa kamu temukan di Star Tool. Untuk membuat Objek yang proporsional buatlah objek sambil menekan tombol Ctrl.



2. Kemudian klik 2 kali pada objek yang telah kita buat sehingga objek berada dalam mode Rotate dengan tanda terdapat garis panah di sekeliling objek seperti pada gambar di bawah.


Kemudian Drag titik yang ada di tengah-tengah objek ke arah bawah seperti pada gambar di atas. titik ini yang akan menjadi titik tengah dari objek yang akan kita lingkarkan.


3. Setelah itu untuk melingkarkannya pertama-tama kita munculkan dulu Transformation-nya, caranya klik menu Window > Dockers > Transformation kemudian pilih Rotate. untuk lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini.



4. Kemudian klik objek yang akan kita lingkarkan, lalu atur pengaturan rotasinya.
Pertama kita atur di bagian Copies, isi dengan jumlah objek yang akan kita tambahkan, misal jika kita akan membuat 12 objek maka yang kita isi di kolom ini adalah 11.


Yang kedua kita isi di kolom Rotation, pastikan kolom ini di isi dengan angka yang benar. dengan membagi derajat 1 lingkaran dengan jumlah objek yang akan kita buat.
Pada Contoh diatas jika objek yang akan kita buat = 12 maka perhitungannya seperti berikut : 1 lingkaran = 360, 360/12 = 30.
Jadi jika kita akan membuat objek sebanyak 12 maka yang kita isi disini adalah 30,


5. Jika langkah diatas dilakukan dengan benar maka hasilnya akan seperti berikut Guys,



It's simple and faster. Tentunya ini mempercepat pekerjaan kita juga kan? Selain membuat Objek melingkar ini simak juga Cara Membuat Teks Melingkar dengan CorelDraw untuk membuat stempel/cap atau yang lain. Baca Juga tutorial serupa yang ada di bawah artikel ini.

Thanks for Visit Guys, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan ragu untuk kembali, and see you next project!
Membuat Objek Melingkar di CorelDraw Membuat Objek Melingkar di CorelDraw Reviewed by Syahrul Faiji on September 29, 2017 Rating: 5

Related Tutorials

3 comments:

  1. Terima kasih. Sangat membantu saya

    ReplyDelete
  2. Wah terima kasih ilmunya, semoga sukses selalu dan rezekyny semakin banyak Aamiin

    ReplyDelete
  3. Caesars Rewards Promo Code for NJ & PA - JTM Hub
    Caesars Rewards is a loyalty 사천 출장안마 program available to 제주도 출장샵 the casino and racetrack 원주 출장안마 staff. To qualify for this 제주 출장샵 promotion, you will need to use a 군산 출장안마

    ReplyDelete

Powered by Blogger.