Cara Cepat Mengatur dan Merapikan Objek di CorelDraw



Oke Guys, Selamat datang kembali di Ilmugrafika.id, kemarin kita telah membahas salah satu cara mempercepat pekerjaan di CorelDraw dengan cara menggunakan Fungsi Snap To untuk memposisikan gambar. Nah pada Tutorial kali inipun kita akan kembali membahas Trik untuk lebih mempercepat pekerjaan kita di CorelDraw, yaitu Cara Cepat Mengatur dan Merapikan Objek di CorelDraw.

Pada Tutorial Kali ini kita akan menggunakan Fungsi Align and Distribute di CorelDraw. Ya, seperti yang sudah kamu tahu bahwa fungsi Align biasanya adalah untuk meratakan teks, begitupun di coreldraw, bukan hanya untuk merapikan teks tetapi juga untuk merapikan Objek di CorelDraw.


Lalu bagaimana cara menggunakan Fungsi Align di CorelDraw ini? Berikut penjelasan singkatnya.


Cara Merapikan Objek di CorelDRAW


Fungsi Align and Distribute terdapat di semua versi CorelDraw yang bisa kita akses di Menu Objects > Align and Distribute, kemudian di situ ada beberapa pilihan Align. 


Namun disini kita hanya perlu mengingat Huruf yang ada di sebelah kanan pilihan Align seperti gambar diatas terdapat huruf L,R,T,B,C,E, dan P yang cara membacanya adalah : Huruf L untuk Align Left, R untuk Align Right, dst.
Jika sudah diingat maka mari kita lanjut ke cara menggunakannya.

1. Buatlah 5 Objek dan letakkan secara acak.



2. Kemudian seleksi semua objek. Untuk Merapikan Barisan Objek secara Horizontal kita bisa menekan tombol L,R, atau C, dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.



3. Untuk menyamakan jarak antara objek tekan Shift +C dan hasilnya akan seperti gambar berikut ini.



4. Berikutnya coba buat lagi 5 objek dan letakkan acak seperti gambar di bawah.



5. Untuk merapikan barisan Objek secara Vertikal tekan tombol E, T, atau B.



6. Dan untuk menyamakan jarak antara objek secara vertikal tekan tombol Shift+E, maka hasilnya akan seperti berikut.



Mudah kan? Oke sekarang kita lanjut ke cara yang ke 2 yang mana kita akan menerapkan Fungsi Align di dalam Frame atau bingkai.

1. Buatlah sebuah kotak yang agak besar. Ini akan kita jadikan Bingkai. Kemudian buat lagi sebuah kotak kecil,beri warna dan simpan di tengah Bingkai tadi, seperti gambar berikut. 


Huruf-huruf pada gambar diatas adalah shortcut yang akan kita gunakan untuk menempatkan objek di dalam bingkai, seperti contoh di bawah, tekan L (Left) untuk menempatkan Objek di sisi kiri bingkai



Dan tekan RT (Right-Top) Untuk menempatkan objek di pojok kanan-atas bingkai.



Kemudian tekan CE untuk menempatkannya ke posisi tengah.



Bagaimana? Mudah kan? Sekarang silahkan bereksperimen dengan menggunakan fungsi Align di atas. Dengan Fungsi Align ini tentu saja pekerjaan di CorelDraw akan menjadi lebih cepat sehingga kita mempunyai lebih banyak waktu untuk hal lain.

Oke Guys, segitu dulu tutorial kali ini, simak juga tutorial dasar lainnya di bawah ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Cara Cepat Mengatur dan Merapikan Objek di CorelDraw Cara Cepat Mengatur dan Merapikan Objek di CorelDraw Reviewed by Syahrul Faiji on September 26, 2017 Rating: 5

Related Tutorials

3 comments:

Powered by Blogger.