Tutorial CorelDraw - Membuat Efek Emboss di CorelDraw



Hai Guys, Selamat datang kembali di Blog Belajar CorelDraw untuk Pemula Ilmugrafika.id. Well pada tutorial kali ini kita akan belajar membuat efek Emboss di CorelDraw. Apa itu efek Emboss? Efek Emboss adalah efek timbul dari suatu objek, artinya bila pada objek tersebut disematkan efek Emboss maka objek tersebut akan terlihat seperti timbul. Di CorelDraw sendiri untuk menyematkan efek Emboss ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun pada Tutorial kali ini kita akan membuat efek Emboss dengan cara yang paling mudah dan paling cepat, tentunya!


Oke Guys, tanpa harus basa-basi lebih banyak lagi baiknya mari langsung saja kita kupas tutorialnya.

Cara Membuat Efek Emboss di CorelDraw

Buka CorelDraw dan buatlah sebuah dokumen baru,

1. Langkah pertama bukalah gambar background yang akan kita sematkan efek Emboss,



2. Selanjutnya Copy-Paste Objek tadi, kemudian kita akan membuat kedua objek tadi mempunyai level warna yang berbeda.
Kita mulai dengan Objek yang berada di layer depan terlebih dahulu. Klik objek, kemudian klik menu Effects > Adjust > Gamma.




3. Perbesar sedikit Gammanya seperti pada gambar berikut, sehingga warna objek menjadi agak cerah.



4.  Lakukan lagi pengubahan Gamma pada objek di layer belakang, namun berikan gamma yang lebih sedikit sehingga warna objek menjadi lebih gelap dan menghasilkan 2 objek yang kontras seperti pada gambar berikut.



5. Tempatkan kedua objek tadi dengan sejajar (Center). sehingga objek yang berwarna cerah berada menutupi objek yang berwarna gelap.
Kemudian langkah selanjutnya buatlah teks dengan menggunakan Text Tool dan ketikkan teks persis di tengah background tadi.



6.  Selanjutnya Seleksi Objek Teks dan background yang berwarna cerah (Klik Objek Teks,Tekan Shift, dan klik background) Kemudian pada Property bar klik Back Minus Front sehingga gambar background akan terpotong oleh teks tadi.



7. Selanjutnya kita ubah background berwarna cerah yang sudah kita potong dengan teks tadi menjadi Bitmap. Tujuannya agar kita bisa memberi efek emboss.
Klik Objek, klik menu Bitmap > Convert to Bitmap. Atur Resolution menjadi 300 dpi. Kemudian klik OK



8. Selanjutnya kita berikan efek embossnya. Klik objek yang sudah kita ubah ke bitmap tadi, kemudian klik menu Bitmap > 3D Effects > Emboss.



9. Atur pada bagian berikut :
Emboss Color : Original
Depth              : Untuk mengatur tebal efek Emboss
Level              : Untuk Mengatur Ketajaman
Direction        : Untuk mengatur arah pencahayaan



10. Hasil Akhirnya akan seperti berikut Guys!



Dan semua itu dapat kita lakukan hanya 2 menit saja lho, Berikut Videonya.



Oke Guys, itu dia beberapa cara untuk membuat efek embosss di CorelDraw. kalau kamu suka artikel ini silahkan Share sebanyak-banyaknya. Dan jangan lupa Follow Fanpage Ilmugrafika.id.
Jangan lupa simak juga Tutorial Ilmugrafika.id Lainnya yang pastinya gak kalah keren!
Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba Guys!

Thanks for Visit.
Tutorial CorelDraw - Membuat Efek Emboss di CorelDraw Tutorial CorelDraw - Membuat Efek Emboss di CorelDraw Reviewed by Syahrul Faiji on September 05, 2017 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.