Tutorial Photoshop untuk Pemula - Membuat Label Gantung



Selamat Pagi Brothers, bertemu lagi dengan Mang KoeToe di Blog Tutorial Desain CorelDraw dan Photoshop Ilmugrafika.id. Dan Tutorial Photoshop kali ini kita akan belajar membuat Vektor Label Gantung yaitu sebuah gambar yang digunakan untuk label dengan bentuk yang di buat seperti menggantung. Vektor ini nantinya dapat digunakan untuk Promosi, banner, poster, dan lain-lain.
Jika kita mencari di google dengan keyword Vektor Label promosi maka akan sangat bayak sekali hasilnya. Tentu disini kita akan mendapat banyak pilihan, akan tetapi jika kita men-download vektor yang sudah jadi kita akan kesulitan dalam meng-kustomisasinya . Oleh karena itu sangat lebih baik jika kita membuat labelnya sendiri, selain bisa mengkustomisasi sesuai selera kita juga akan merasa ada kebanggaan tersendiri karena bisa menciptakan Karya Original buatan sendiri, bukan Jiplakan. hehehe..



Oke mari kita kupas Tutorialnya :
1. Buka Photoshop, klik Start - All Programs - Adobe Photoshop.
2. Buat File Baru, klik menu File - New. Atur seperti berikut.



3. Setelah itu langsung buat 2 Layer dengan menekan Shift+Ctrl+N sebanyak 2x. maka akan terbentuk 2 Layer baru dengan nama layer 1 dan layer 2.



4.  Pada Layer 2 kita akan membuat Frame atau Bingkai. Buat sebuah lingkaran seleksi dengan menggunakan Elliptical Marquee Tool. (jika Brothers ingin membuat yang berbentuk kotak gunakan Rectangular Marquee.)



5. Masih di Layer 2 dan Elliptical Marquee Tool. Pada Option Bar pilih Substract From Selection kemudian buat lagi lingkaran yang sedikit lebih kecil. dengan memilih Option Substract From Selection maka akan menghasilkan seleksi diantara lingkaran besar dan lingkaran kecil.



6. Setelah itu klik menu Edit - Fill. Kemudian akan muncul kotak dialog. Pada pilihan Use: pilih Color. Kemudian pilih warna untuk bingkai sesuka Brothers.


Untuk menghilangkan seleksi tekan Ctrl+D


7. Langkah selanjutnya masih di Layer 2, Pilih Tool Magic Wand Tool. kemudian klik di area dalam lingkaran bingkai yang tadi kita buat, sehingga akan terbentuk seleksi di dalam area tersebut



8. Selanjutnya masih dalam keadaan terseleksi klik di Layer 1. Sehingga area seleksi akan pindah ke Layer 1. Berikan warna seperti langkah 6 di atas. atau bisa dengan cara di bawah.


Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan garis seleksi


9. Lanjut. Kita berikan efek Bevel & Emboss pada frame yang kita buat tadi.
Klik 2x pada Layer 2. Akan muncul jendela dialog Layer Style, Centang dan pilih Bevel & Emboss, Setting seperti berikut.



10. Selanjutnya kita berikan efek Bayangan atau Drop Shadow. Klik 2x pada Layer 2, centang dan pilih Drop Shadow, Atur seperti berikut.



11. Pindah ke Layer 1. kita akan membuat lubang untuk tali gantungan. Lakukan langkah berikut :

a. Buat seleksi lingkaran kecil dengan menggunakan Elliptical Marquee Tool, 
b. Tekan Delete Untuk menghapus bagian yang terseleksi.
c. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan garis seleksi



12. Berikan lagi efek Bevel & Emboss. Klik 2x pada Layer 1, centang dan pilih Bevel & Emboss, atur seperti berikut.



13. Selanjutnya kita buat tali gantungan. Buat Layer baru dengan cara klik menu Layer - New Layer, atau tekan tombol Shift+Ctrl+N.
Kemudian pilih Brush Tool dan sesuaikan ukurannya di Option Bar.



14. Buat bentuk seperti tali dengan menggunakan Brush Tool yang sudah diatur ukurannya.



15.  Langkah terakhir adalah menghapus bagian tali, agar tali terlihat mengikat. gunakan Eraser Tool, kemudian hapuslah bagian tali seperti di bawah.



Hasilnya akan seperti berikut ini



Berikan teks sesuai kebutuhan



Well itu dia Tutorial Membuat Label Gantung dengan Photoshop Versi Ilmugrafika.id. Simak Juga Tutorial Photoshop Lainnya dan nantikan Tutorial selanjutnya dari Ilmugrafika.id. Untuk Brothers yang punya pertanyaan, kritik, saran, komentar, masukan, ataupun request Tutorial CorelDraw dan Photoshop silahkan jejakkan di kolom komentar di bawah ini. Atau hubungi langsung melalui Kontak Ilmugrafika.id.

Terimakasih selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Tutorial Photoshop untuk Pemula - Membuat Label Gantung Tutorial Photoshop untuk Pemula - Membuat Label Gantung Reviewed by Unknown on October 05, 2015 Rating: 5

Related Tutorials

No comments:

Powered by Blogger.