Tutorial CorelDraw Vektor - Membuat Banner Pita dengan CoreDraw



Halo Guys! Welcome Back Again di Blog Belajar CorelDraw Ilmugrafika.id. Well, Pada posting-posting yang lalu kita teah membahas beberapa Tutorial CorelDraw dasar untuk Pemula. Dan setelah kita menguasai alat serta teknik dasar untuk membuat desain dengan CorelDraw, maka pada Tutorial kali ini kita akan mencoba untuk Belajar Membuat Vektor sederhana berupa Banner dalam bentuk  Pita atau bahasa Inggrisnya Ribbon.

Oke Guys, mari langsung saja kita mulai Tutorialnya,


Membuat Ribbon Banner dengan CorelDraw

Buka Dulu CorelDraw kamu Guys! atau nggak juga gak papa, cukup diingat aja, akrena ini cukup mudah.

1. Langkah pertama kita buat garis dasar berupa lengkungan dengan menggunakan Pen Tool, buatlah garis meliuk-liuk kira-kira seperti gambar di bawah ini.



2. Setelah garis itu terbentuk maka untuk membuat pitanya kita gunakan Extrude Tool, pilih Extrude Tool, kemudian Drag Mouse dari garis yang kita buat tadi ke arah bawah. perlu diingat panjang sumbu yang kita tarik tersebut akan menjadi lebar pita yang akan kita dapatkan.



3. Oke, Langkah selanjutnya pada Property bar pilih extrude type seperti pada gambar berikut. Setiap versi coreldraw pasti memiliki tampilan yang berbeda, tapi pilihlah yang bayangannya mengarah ke belakang.



4. Setelah itu klik kanan pada bidang hasil Extrude tadi dan klik Break Extrude Group Apart, tujuannya adalah untuk memisahkan bagian-bagian bidang hasil extrude tadi sehingga akan terbentuk beberapa objek.



5. Oke, Langkah selanjutnya adalah menghapus garis bantu yang kita buat di langkah pertama tadi, klik pada bagian garis, biasanya garis berada tepat di sisi pita bagian atas, seperti garis merah pada gambar berikut. Hapus garisnya.



6.  Selanjutnya hanya tersisa bidang-bidang dari hasil extrude tadi. Namun kondisinya masih dalam kondisi Group.
Nah untuk memisahkannya cukup dengan seleksi objek, dan klik Ungroup All Objects pada property Bar.




7. Selanjutnya warnailah dengan menggunakan warna menyilang antara warna gelap dan terang. Seperti pada Gambar berikut.



8. Selanjutnya seleksi semua objek dengan menekan tombol Ctrl+A, kemudian Copy-Paste dan klik Mirror Horizontally pada Property bar. Sampai langkah ini kita sudah mempunyai 2 bagian pita yang saling berhadapan. Ingat, jangan lepaskan dulu seleksinya,



9. Tempatkan pita hasil Copy-paste tadi seperti pada gambar berikut. pastikan tidak ada celah pada sambungan pitanya.



10. Langkah terakhir adalah menyambungkan pita. seleksi 2 bagian pita yang saling menyambung, kemudian klik Weld pada Property Bar.



11. Setelah langkah diatas maka pita akan tersambung, dan hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini,


untuk menjadikan pita ini sebagai Vektor maka kita harus Export gambar tadi menjadi file ber-Extensi .Png, caranya bisa dilihat DISINI.

Dan untuk yang gak mau ribet baca ulang tutorial ini, mungkin Video ini bisa membantu,



Oke Guys, kira-kira demikian Tutorial Cara membuat Banner Pita dengan CorelDraw ini. selanjutnya pita ini bisa kamu gunakan untuk membuat latar pada Banner, Undangan, Kartu Ucapan, dan lain-lain. Jangan lupa bagikan kalau kamu suka Artikel ini agar bisa bermanfaat. Silahkan untuk bergabung di Fanpage Ilmugrafika.id.

Well, terimakasih sudah menyimak Tutorial ini dengan seksama, selamat ber-eksperimen dan semoga bermanfaat,

Tutorial CorelDraw Vektor - Membuat Banner Pita dengan CoreDraw Tutorial CorelDraw Vektor - Membuat Banner Pita dengan CoreDraw Reviewed by Unknown on August 18, 2015 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.