Tutorial CorelDraw - Membuat Kotak Kaca Glossy dengan CorelDraw



Selamat datang kembali di Blog Tutorial Desain CorelDraw dan Photoshop untuk Pemula, Ilmugrafika.id. Pada Tutorial Cara Membuat Vektor Balon sebelumnya kita telah belajar menggunakan Transparency Tool untuk memberikan efek bias cahaya dan bayangan. Dan untuk melancarkan dan menambah penguasaan dalam penggunaan Transparency Tool maka Tutorial ini wajib di coba. Pada Tutorial kali ini kita akan belajar Membuat Kotak Kaca Glossy dengan CorelDraw, dimana di dalamnya kita akan banyak menggunakan efek Transparency untuk membuat kotak seperti kaca. Dan gambaran hasilnya seperti ini Guys.



Pada Tutorial kali ini aplikasi yang digunakan adalah CorelDraw X7. Tapi untuk versi sebelumnya juga tidak jauh berbeda kok, caranya tetap sama.
Well, mari langsung saja kita meluncur ke Tutorialnya.

Cara Membuat Kotak Kaca Glossy dengan CorelDraw


1. Buka CorelDraw.
2.  Langkah pertama kita buat dulu sebuah kotak dengan menggunakan Rectangle Tool.



3. Berikan efek Extrude pada Kotak tersebut. klik Extrude di Toolbar, kemudian drag mouse dimulai dari titik bagian tengah kotak ke arah kiri-atas, sampai terlihat bayangan Extrude. kemudian ubah Extrusion Typenya di Property Bar, pilih Extrusion Type yang berada di tengah-bawah, lihat gambar.
 


4. Selanjutnya kita pecah bagian-bagian kotak dan bayangan Extrude tadi. Caranya Klik Kanan pada Bayangan Extrude, dan klik Break Extrude Group Apart, atau bisa dengan Shortcut tombol Ctrl+K.
Setelah itu tekan tombol Ctrl+U untuk memisahkan bagian-bagian tersebut.



5. Setelah kita memecah bagian-bagian kotak dan extrude nya, kemudian kita hilangkan beberapa bagian sampai hasilnya seperti gambar di bawah.



6. Warnai bagian-bagian tersebut dengan Fountain Fill dan Uniform Fill seperti gambar di bawah.
Pelajari Cara Mewarnai Objek



7. Buat Objek dengan warna hitam di bagian bawah kotak dan sisi kirinya dengan menggunakan Bezier Tool, lalu berikan efek Transparency pada keduanya.



8. Buat lagi Objek dengan warna Putih di bagian atas kotak dan sisi kirinya, dan berikan Transparency seperti gambar.



9. Copy paste bagian kotak dan sisi kirinya, kemudian letakkan di bawah.



10.  Berikan Lagi Transparency pada kedua objek hasil Copy-an tadi.



Selesai Bro. kotak sudah menyerupai kaca atau kristal.
 


Cukup mudah dan Keren kan? hehehe...
untuk membuat kotak glossy lainnya bisa copy-paste hasil karya kita tadi, dan ganti warna sesuka hati Brothers.

Silahkan Share karya Brother di Facebook Fanspage Ilmugrafika.id untuk mendapatkan apresiasi dari lebih banyak orang.

Oke, demikian Tutorial Cara Membuat Kotak Kaca Glossy dengan CorelDraw Versi Ilmugrafika.id. Simak juga Tutorial Lainnya yang gak kalah keren pastinya. Buat Kamu yang punya pertanyaan, kritik, saran, komentar, masukan ataupun Request Tutorial CorelDraw atau Photoshop silahkan tuliskan di Kontak Ilmugrafika.id.

Terimakasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Tutorial CorelDraw - Membuat Kotak Kaca Glossy dengan CorelDraw Tutorial CorelDraw - Membuat Kotak Kaca Glossy dengan CorelDraw Reviewed by Unknown on October 02, 2015 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.