Tutorial CorelDraw Dasar - Cara Memberi Warna Pada Objek CorelDraw



Halo Guys! Selamat datang di Blog Belajar Desain CorelDraw Ilmugrafika.id. Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba mengupas mengenai Tutorial CorelDraw yang sangat mendasar yaitu tentang Cara Mewarnai Objek di CorelDrawWarna merupakan salah satu elemen yang paling penting di dalam sebuah karya desain atau karya grafis lainnya, karena warna secara langsung memberikan kesan dan makna tersendiri untuk sebuah seni grafis dan memberikan efek psikologis kepada pemirsanya. Oleh karena itu teknik pewarnaan dan pemilihan warna menjadi penting untuk dipelajari. 



Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai Tools yang digunakan untuk mewarnai Objek di CorelDraw, sementara untuk cara pewarnaannya agar lebih jelas silahkan simak video di akhir artikel ini.

Cara dan Alat Untuk Mewarnai di CorelDRAW



Memberi warna pada objek di CorelDraw dapat dilakukan dengan berbagai carakarena di CorelDraw sendiri punya beberapa Tools untuk memberi warna pada objek, tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda setiap toolsnya, dan di dalam pewarnaan sendiri ada beberapa jenis pewarnaan atau bahasa inggrisnya Filling yaitu : Uniform Fill (Polos), Fountain Fill (Gradasi Warna), Pattern Fill (Pewarnaan dengan Pattern),dan Texture Fill (Pewarnaan dengan Tekstur). Yang mana cara untuk mewarnai dengan jenis-jenis Filling tersebut akan di jelaskan secara rinci di bawah ini.

Namun sebelumnya pertama-tama kita bahas dulu nih, apa saja sih Tools untuk mewarnai Objek di CorelDraw ini?

      1.     Color Pallete



Color Pallete atau pallet warna berbentuk sebuah barisan warna, Color pallete sendiri bukan merupakan tools, melainkan sebuah jendela tampilan yang berisi warna-warna. Color Pallete ini adalah alat yang paling mudah diakses untuk memberi warna pada objek karena tidak memunculkan jendela tampilan ataupun property bar. Namun Color Pallete ini hanya menampilkan beberapa warna saja. Color Pallete Default biasanya terletak di samping sebelah kanan layar. Untuk mewarnai Objek dengan Color Pallete anda hanya tinggal menyeleksi objek yang akan diwarnai kemudian klik warna yang di inginkan.

    
 2.  Fill Color & Line Color



Fill Color seperti namanya adalah tool untuk mewarnai bagian Isi Objek, dan Line Color adalah untuk mewarnai Garis. Fill Color & Line Color terletak di sebelah kanan bawah layar. Di dalam Fill Color tersedia semua warna, sehingga kita bisa memilih warna dengan lebih leluasa. Selain itu juga terdapat beberapa jenis pewarnaan yang bisa kita aplikasikan dengan menggunakan Fill Color, diantaranya : Uniform Fill (Polos), Fountain Fill (Gradasi Warna), Pattern Fill (Pewarnaan dengan Pattern), Texture Fill (Pewarnaan dengan Tekstur), dan Bitmap Fill (Pewarnaan dengan Bitmap).Untuk menggunakannya klik 2 kali pada Fill Color/Line Color, kemudian akan muncul jendela tampilan untuk mengaturnya.


3.  Smart Fill Tool



Smart Fill tool juga merupakan alat untuk mewarnai objek, hanya saja bedanya smart fill tool akan membentuk objek baru berupa warna yang terbentuk sesuai dengan objek yang di pilih.
Untuk mempelajari lebih lanjut cara penggunaan Smart Fill tool simak tutorialnya di sini :




4.     Interactive Fill Tool



Interactive Fill tool adalah alat untuk pewarnaan non solid yang cepat, Fungsinya hampir sama dengan Fungsi Fill Color, hanya saja dengan Interactive Fill Color ini kita dapat lebih mudah dalam pewarnaan dengan Menggunakan Fountain Fill, Pattern atau Texture karena kita bisa langsung mengaturnya pada objek yang dipilih.
Cara Pewarnaan dengan menggunakan Interactive Fill Tool bisa kamu pelajar lebih lanjut di sini :




5.     Mesh Fill Tool



Mesh Fill Tool adalah alat untuk mewarnai Objek dengan beberapa warna yang berbeda, mesh fill tool akan membentuk grid-grid yang ada di dalam objek yang bisa kita atur jumlah baris dan kolomnya, dimana di dalam setiap grid bisa kita aplikasikan warna yang berbeda. Untuk mengatur arah warnanya kita tinggal mengubah bentuk grid dengan menggerakkan titik-titik grid.


Oke Itu Dia beberapa Tools untuk mewarnai Objek Di CorelDraw. Dan untuk cara penggunaan lengkapnya silahkan simak Video Berikut ini :


Oke Guys, itu dia Penjelasan beberapa Tools untuk memberi warna di CorelDraw dan Cara penggunaanya versi Ilmugrafika.ID. Simak juga Tutorial Dasar CorelDraw terkait di bawah posting ini Untuk menambah penguasaan ilmu dasar CorelDraw lainnya.

Thanks for visit Guys,
Tutorial CorelDraw Dasar - Cara Memberi Warna Pada Objek CorelDraw Tutorial CorelDraw Dasar - Cara Memberi Warna Pada Objek CorelDraw Reviewed by Unknown on July 31, 2015 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.