Tutorial Photoshop Dasar - Menghilangkan Background Foto



Selamat hari Jum'at Brothers, selamat datang kembali di Blog Tutorial desain Ilmugrafika.id. Pada Tutorial Photoshop sebelumnya kita telah mengupas Teknik Manipulasi Foto sederhana yaitu Cara membuat Efek Spiral Light pada Foto. Dan kali ini kita akan mengupas Teknik Dasar Photoshop yaitu cara menghapus background foto dengan photoshop.
Menghapus Background Foto di Photoshop berarti menghapus area foto yang berada di luar objek utama sehingga objek akan menjadi gambar tunggal tanpa latar belakang atau sesuatu di sekitarnya. Teknik ini sangat banyak digunakan dalam editing dengan menggunakan photoshop terutama dalam proses penyetingan untuk pembuatan kalender, undangan, kartu nama, dan lain-lain, dengan teknik ini juga Brothers bisa mengubah background foto sesuai dengan keinginan.
Dalam tutorial ini kita hanya akan menggunakan satu Tool yaitu Polygonal Lasso Tool yang mana fungsi utama dari tool ini adalah untuk menyeleksi objek.



Oke, mari langsung saja kita kupas Tutorial Cara Menghilangkan Background Foto dengan Photoshop.

1. Buka Photoshopnya, klik Start - All Programs - Adobe Photoshop.
2. Buka Foto yang akan dihilangkan Backgroundnya, klik menu File - Open, dan pilih fotonya.
3. Setelah terbuka langkah pertama yang harus di lakukan adalah men-duplikasi Foto dengan cara tekan Ctrl+J di keyboard, maka akan terbentuk Layer Copy-nya.
Kemudian klik Tanda Mata yang ada di Layer Background agar background tidak terlihat.



4. Lanjut. Pilih Tool Polygonal Lasso Tool
 

Kemudian mulailah menyeleksi objek dengan Polygonal Lasso Tool pada sekeliling objek sampai titik akhir seleksi bertemu dengan titik awal seleksi.


Setelah terseleksi akan tampak seperti ini, terlihat garis seleksi di sekeliling objek.



5. Pada saat ini objek yang terseleksi adalah bagian dalam objek. Untuk menghilangkan background kita harus menyeleksi bagian luar objek, dan untuk menyeleksi bagian luar objek bisa kita lakukan dengan cara klik kanan di area terseleksi dan klik Select Inverse.



6. Setelah bagian luar terseleksi maka Klik tombol Delete di keyboard untuk menghilangkannya.
Pada saat ini garis seleksi masih terlihat. Untuk menghilangkannya cukup tekan tombol Ctrl+D di Keyboard.
Dan, Selesai.


Gampang kan?
Silahkan expresikan hasil karya Brothers dengan memberi improvisasi pada gambar hasil tutorial tadi. Dan jangan lupa juga share karya Brothers di Facebook Fanpage Ilmugrafika.id.

untuk mendapatkan apresiasi dari lebih banyak orang.

Well itulah sekelumit Tutorial Photoshop Menghilangkan Background FotoVersi Ilmugrafika.id. Simak juga Tutorial Lainnya yang pastinya gak kalah keren. Untuk Brothers yang punya pertanyaan, komentar, kritik, saran, ataupun Request Tutorial silahkan Jejakkan di kolom komentar di bawah. atau bisa langsung menghubungi Kontak Ilmugrafika.id.

Terimakasih, selamat ber-eksperimen dan semoga bermanfaat.
Tutorial Photoshop Dasar - Menghilangkan Background Foto Tutorial Photoshop Dasar -  Menghilangkan Background Foto Reviewed by Unknown on September 25, 2015 Rating: 5

Related Tutorials

No comments:

Powered by Blogger.