Cara Mengubah Warna Pakaian dengan Photoshop



Pada posting Tutorial Photoshop yang lalu kita telah belajar Cara Mengubah Warna Objek di Photoshop yang mana pada tutorial tersebut kita mengubah keseluruhan warna objek. Lalu bagaimana jika yang ingin diubah hanya sebagian objek? seperti halnya pada Tutorial kali ini kita akan belajar Cara Mengubah Warna Pakaian dengan Photoshop.

Sedikit bocoran mungkin Trik mengubah warna pakaian ini biasanya digunakan untuk menampilkan pilihan warna model baju yang sering kita jumpai seperti di toko online, karena dengan cara ini pastinya bisa menghemat biaya dan efisiensi waktu. Karena dengan mengambil 1 model kita bisa mendapatkan warna yang berbeda-beda, seperti cover tema pembahasan kita ini.


Tidak jauh berbeda dengan tutorial sebelumnya dimana kita hanya menggunakan Hue/Saturation untuk mengubah keseluruhan warna objek. Pada Tutorial kali ini juga Hue/Saturation masih akan digunakan, perbedaannya yaitu karena kali ini kita hanya akan mengubah sebagian objek maka kita akan menggunakan Selection Tool untuk menyeleksi bagian objek yang akan diubah warnanya.

Oke Guys, langsung saja kita terjun ke Tutorialnya.

Cara Mengubah Warna Pakaian di Photoshop


1. Pertama-tama kita buka dulu Foto yang akan di edit dengan Photoshop.
Kemudian Pilih salah satu selection tool yang akan digunakan untuk menyeleksi Objek yang akan diubah warnanya. Pilihlah yang termudah, disini saya menggunakan Magnetic Lasso Tool* untuk menyeleksi objek, karena objek yang akan di seleksi memiliki kontras yang cukup tinggi.



2. Kemudian mulailah menyeleksi objek, usahakan agar garis seleksi benar-benar pas, ini agar ketika warnanya di ubah tidak ada warna dasar yang masih tersisa atau warna yang berbeda.



3. Setelah Objek terseleksi dengan benar langkah selanjutnya di bagian bawah panel Layer klik pada icon seperti ini:  kemudian pilih Hue/Saturation, maka akan muncul panel setting, aturlah pada bagian Hue sehingga warna dari objek yang kita seleksi tadi akan berubah.



Mudah kan? ini jauh lebih efisien daripada kita mengambil foto model satu persatu dengan warna baju yang berbeda pastinya, hhehehe..

Oke Guys, itu dia sekelumit tentang Cara Mengubah Warna Pakaian dengan menggunakan Photoshop. SIlahkan Share jika kamu suka dan merasa Tutorial ini bermanfaat, dan jangan lupa Like Fanpage Ilmugrafika.id. Selain tutorial ini coba juga Tutorial serupa di bawah posting ini.
Selamat mencoba.

* Magnetic Lasso Tool : Alat untuk menyeleksi yang bekerja seperti magnet pada objek yang memiliki kontras yang tinggi. Ini akan mempercepat proses seleksi jika objek memiliki kontras yang tinggi.

Cara Mengubah Warna Pakaian dengan Photoshop Cara Mengubah Warna Pakaian dengan Photoshop Reviewed by Syahrul Faiji on October 14, 2017 Rating: 5

Related Tutorials

No comments:

Powered by Blogger.