Ini Dia! Cara Mudah Membuat Gold Text Effect di CorelDraw



Hai Guys! Ketemu lagi dengan Ilmugrafika.id, Blog Belajar Desain Grafis Untuk Pemula, Pada Posting-posting yang lalu kita telah belajar beberapa Teknik membuat Logo Minimalis dengan corelDraw, dimana kita belajar membuat logo dengan menggunakan Shape (bangun datar) dan Font (Huruf). Nah, pada postingan kali ini juga masih berhubungan dengan logo, namun bedanya pada posting kali ini kita akan memberikan efek pada teksnya, Tutorial CorelDraw kali ini kita akan mengupas Cara Mudah Membuat Gold Text Effect.


Gold Text Effect atau Efek Keemasan Pada Text banyak digunakan biasanya untuk media advertising atau periklanan, namun tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai Logo.

Oke daripada basa-basi lebih banyak, langsung saja kita kupas tutorialnya gan!

Cara Mudah Membuat Gold Text Effect di CorelDraw


Pertama-tama buka dulu CorelDraw agan, dan buat sebuah dokumen baru.

1. Langkah pertama adalah menuliskan teks yang akan diberikan efek keemasan atau Gold Effect dengan menggunakan Text Tool atau tekan tombol F8 di keyboard. Kemudian berikan warna kuning.


2.  Untuk lebih memperjelasnya kita berikan background dengan warna hitam dengan Rectangle Tool, dan untuk memposisikannya ke layer paling bawah tekan tombol Shift+PageDown.



3. Selanjutnya klik pada teks yang kita buat tadi kemudian klik menu Effects, dan pilih Bevel.


4. Setelah itu atur Bevelnya seperti berikut :
  • Style                : Soft Edge
  • Bevel Offset    : To Center
  • Shadow Color : #855600
  • Light Color     : #FFB938
  • Intensity          : 76
  • Direction         : 121
  • Altitude           : 49
Kemudian Klik Apply


5. Hasilnya akan terbentuk objek baru dari hasil Bevel tadi, seperti gambar di bawah,


6. Langkah selanjutnya adalah memisahkan Objek Bevel dengan teks, klik kanan pada objek, kemudian pilih Break Bevel Apart, atau dengan tombol Ctrl+K.


7. Maka Objek teks dan Bevel tadi akan menjadi 2 objek yang berbeda, yaitu Objek Teks dan Objek Bevel yang merupakan sebuah Objek Bitmap.


8. Hapus Objek teks yang berwarna kuning sehingga hanya tersisa Objek Bevel, letakkan di tengah background yang berwarna hitam, sehingga hasilnya seperti i bawah ini.


9. Langkah selanjutnya yaitu membuat efek cahaya atau sinar agar efek emas menjadi blink-blink gitu deh.
Caranya Buat sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool, buat sebuah lingkaran sambil menekan Tombol Ctrl di keyboard agar lingkaran terbentuk dengan sempurna. Kemudian berikan Warna Kuning dengan kode warna #FFE500, dan hilangkan garisnya.


10. Berikan Efek Transparency pada Lingkaran yang tadi kita buat, caranya klik objek lingkaran, kemudian klik Transparency Tool, pada Property bar pilih fountain Transparency dan Elliptical Fountain Transparency, kemudian drag mouse dari tengah ke arah luar lingkaran, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah,


11. Langkah terakhir, perkecil lingkaran kuning yang telah kita beri efek transparency tadi, kemudian letakkan di beberapa titik pada teks yang dianggap perlu untuk diberikan efek cahaya, untuk memperbanyaknya lakukan Copy - Paste saja.
Hasilnya seperti Berikut gan!


Mudah Kan? Bila tutorial diatas kurang jelas, agan bisa simak Videonya berikut ini :


Oke, Itu dia beberapa langkah mudah untuk membuat Gold Text Effect di CorelDraw.
Simak juga Tutorial Desain Ilmugrafika.id Lainnya, untuk komentar, saran dan kritiknya agan bisa tuliskan di kolom komentar di bawah, dan untuk Update Tutorial Desain Ilmugrafika.id setiap hari cukup klik SUBSCRIBE diatas dan isikan email agan, atau bisa juga dengan Gabung Grup Belajar Desain CorelDraw di Facebook dan Follow Fanpage IlmuGrafika.id.

Sekian Tutorial Gold Text Effect CorelDraw Ilmugrafika.id kali ini,

Thanks for Visit.
Ini Dia! Cara Mudah Membuat Gold Text Effect di CorelDraw Ini Dia! Cara Mudah Membuat Gold Text Effect di CorelDraw Reviewed by Syahrul Faiji on June 29, 2017 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.