Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Teks 3 Dimensi Keren



Halo Brothers, Jumpa Lagi dengan Mang KoeToe di Blog Tutorial Desain CorelDraw dan Photoshop untuk Pemula, Ilmugrafika.id. Pada Tutorial CorelDraw Teks sebelumnya kita telah mengupas beberapa macam editing teks dengan CorelDraw diantaranya Membuat Teks Artistik dengan CorelDraw dan Membuat efek Refleksi Air pada Teks. Dan kali ini juga akan mengupas Tutorial CorelDraw Teks yaitu Cara Membuat Teks 3 Dimensi Keren dengan CorelDraw. 
Di Tutorial kali ini kita akan belajar menggunakan efek Extrude dan Drop Shadow pada teks untuk membuatnya terlihat 3 dimensi, pada Tutorial ini Mang KoeToe menggunakan CorelDraw X7, tapi tenang saja buat Brothers yang menggunakan CorelDraw versi sebelumnya juga bisa praktekkan dengan cara yang sama hanya letak tools dan optionnya saja yang agak berbeda.



Oke kalo begitu mari langsung saja kita kupas Tutorialnya, Cara Membuat Teks 3 Dimensi dengan CorelDraw. 

1. Buka CorelDraw, versi berapa saja
2. Buat teks yang akan diberi efek 3D dengan menggunakan Text Tool, 
 


3. Selanjutnya cari Tool yang bernama Extrude, biasanya ada di toolbar bagian agak bawah, seperti tanda merah di gambar berikut.
Kemudian klik dan drag di bagian tengah teks, drag sedikit  mouse ke arah kiri-bawah. sedikit saja ya, supaya efek extrude tidak terlalu panjang.



4. Sementara hasil efek extude akan terbentuk perspektif ke tengah seperti berikut.



 5. Untuk mengubah efek extrude agar tidak perspektif lakukan cara berikut,
a. Ubah Extrusion Typenya, klik  Extrusion Type, pilih yang di bawah-tengah.
b. Langkah ini untuk mengubah warna Extrude, klik Extrusion Color, dan pilih Use Color Shading, kemudian pilih warna sesuai selera.



6. Hasilnya sudah terlihat 3 dimensi seperti berikut.



7. Langkah terakhir adalah memberi bayangan dengan Drop Shadow. Klik Tool Drop Shadow, dan berikan bayangan dengan cara klik dan drag, drag ke arah kiri-bawah sampai baayangannya sesuai.



Selesai.



Gimana? apa sudah terlihat 3 Dimensi?

Oke itu dia Tutorial Cara membuat Teks 3 Dimensi dengan CorelDraw Versi Ilmugrafika.id. simak juga Tutorial Lainnya yang pastinya gak kalah keren. Buat Brothers yang punya pertanyaan, kritik, saran, komentar, masukan ataupun request Tutorial silahkan jejakkan di kolom komentar di bawah, atau bisa langsung hubungi penulis di Kontak Ilmugrafika.id.

Terimakasih, selamat ber-eksperimen dan semoga bermanfaat.
 
Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Teks 3 Dimensi Keren Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Teks 3 Dimensi Keren Reviewed by Unknown on October 01, 2015 Rating: 5

Related Tutorials

No comments:

Powered by Blogger.