Tutorial CorelDraw Untuk Pemula - Cara Membuat Bola Billiard 3d Dengan CorelDraw




Halo Guys, Selamat datang kembali di blog Belajar Desain Ilmugrafika.idsetelah posting yang lalu kita mempelajari cara menggunakan Transparency tool untuk menambah efek transparan pada objek. Nah pada Tutorial kali ini kita akan memperdalam seperti apa sih penggunaan efek transparency ini?.

Seperti judulnya pada tutorial kali ini kita akan belajar membuat bola billiard realistik di coreldraw. Tool yang akan kita gunakan pada Tutorial kali ini adalah Rectangle Tool, Text Tool dan Transparency Tool. Jika kamu belum tau apa itu Transparency Tool silahkan simak terlebih dahulu :

Transparency Tool CorelDraw dan Cara menggunakannya

Pada Tutorial kali ini kita akan mengaplikasikan Transparency tool untuk membuat sebuah vektor berupa Bola Billiard dimana Bola Billiard akan terlihat lebih realistik dengan sentuhan dari Transparency tool ini.



Oke Guys, tanpa basa-basi lebih banyak lagi mari langsung saja kita kupas Tutorialnya.

Cara Membuat Bola Billiard 3D - CorelDraw 2017


Pertama-tama buka dulu CorelDrawnya, disini saya menggunakan CorelDraw 2017, tapi untuk versi sebelumnya juga tidak jauh berbeda.

1. Langkah pertama kita buat sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool. Buatlah lingkaran sambil menekan tombol Ctrl agar lingkarannya terbentuk dengan sempurna. Setelah itu berilah warna merah dan hilangkan outlinenya dengan klik kanan pada pallet warna bertanda x.



2.  Selanjutnya Copy paste lingkaran tadi dan perkecil ukurannya dan ganti warnanya menjadi putih, kemudian letakkan di tempat yang kamu suka.



3. Langkah berikutnya kita berikan Nomor bola dengan menggunakan Text Tool, berikan nomor pada bola sesuai dengan warnanya, disini saya menggunakan nomor 3 untuk bola merah.



4. Selanjutnya Copy paste lingkaran merah yang kita buat di langkah pertama tadi, kemudian ganti warnanya menjadi warna gelap.

5. Selanjutnya kita akan memberi efek transparansi untuk objek gelap yang kita buat tadi. Klik Transparency Tool, kemudian pada Property Bar pilih Fountain Transparency - Elliptical Fountain Transparency, dan atur arah transparencynya seperti pada gambar di bawah ini.



6. Pada Tahap ini Bola sudah selesai dibuat. Namun untuk membuatnya lebih realistis kita akan membuat bayangannya. Buatlah sebuah lingkaran memanjang dengan Ellipse Tool, Berikan warna hitam dan letakkan di bawah Bola.



7. Berikan lagi Efek Transparency pada lingkaran agar tmpak seperti bayangan bola dengan cara kli Transparency Tool, pada property bar pilih Fountain Transparency - Elliptical Fountain Transparency, dan atur arah transparencynya seperti pada gambar di bawah ini. untuk mengubah gradasi warna transparencynya klik pada kotak kecil berwarna hitam/putih dan ganti warnanya, putih ganti ke hitam dan sebaliknya.




8. Selesai, dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.



Mudah bukan? ini hanya memakan waktu kurang dari 2 menit saja lho.

Untuk Tutorial Videonya bisa dilihat di bawah ini :



Oke Guys, itu dia beberapa langkah mengaplikasikan efek transparency untuk menggambar Vektor Bola Billiard realistik dengan CorelDraw 2017. Semoga artikel tadi bermanfaat dan jangan lupa SUBSCRIBE Ilmugrafika.id untuk mendapatkan setiap pembaruan Tutorialnya lewat Email.
Simak Juga Tutorial Desain Ilmugrafika.id Lainnya di bawah ini dan jangan lupa Like Fanpage Ilmugrafika.id.

Thanks For Visit,
Tutorial CorelDraw Untuk Pemula - Cara Membuat Bola Billiard 3d Dengan CorelDraw Tutorial CorelDraw Untuk Pemula - Cara Membuat Bola Billiard 3d Dengan CorelDraw Reviewed by Unknown on July 29, 2015 Rating: 5

Related Tutorials
Powered by Blogger.