Tutorial Photoshop Dasar - Menyeleksi Objek Foto dengan Photoshop (Part 2)



Pada Tutorial KoeToe-ID sebelumnya telah mengupas Cara Menyeleksi Objek Foto dengan Photoshop Part 1 yaitu dengan menggunakan Marquee Tool, dan Tutorial Dasar Photoshop kali ini adalah lanjutan dari posting sebelumnya, Menyeleksi Objek Foto dengan Photoshop Part 2. Dalam tutorial kali ini kita akan belajar menyeleksi Objek di Photoshop dengan menggunakan Lasso Tool, Polygonal Lasso Tool, dan Magnetic Lasso Tool. Ke-3 tool ini sering digunakan untuk menyeleksi gambar yang akan diganti backgroundnya.

OKe Brother, langsung aja berikut ini adalah Cara Menyeleksi Objek Foto dengan Photoshop dengan menggunakan ke-3 tools diatas.
Cekidot!

1. Menyeleksi Objek dengan Lasso Tool

Lasso Tool merupakan tool untuk membuat area seleksi dengan bentuk yang mengikuti arah gerak mouse. Berikut ini adalah salah satu contoh langkah untuk menyeleksi objek dengan menggunakan Lasso Tool:

1. Klik Lasso Tool  
2. Geser Mouse mengelilingi objek yang ingin diseleksi, seperti menggambar dengan pensil, bedanya ini pake kursor mouse, dan lepaskan mouse untuk menyelesaikan proses seleksi.




2. Menyeleksi Objek dengan Polygonal Lasso Tool

Polygonal Lasso Tool merupakan tool untuk membuat area seleksi dengan bentuk segi banyak. Brother dapat membuat area seleksi dengan meng-klik mouse pada beberapa titik area seleksi. Dibawah ini adalah Contoh Cara Menyeleksi Objek dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool.

1. Klik  Polygonal Lasso Tool. 
2. Klik mouse untuk mengawali proses seleksi, dan klik mouse secara berulang mengelilingi objek yang ingin diseleksi,
Untuk membatalkan pembentukan titik seleksi yang baru saja di bentuk Brother dapat menekan tonbol 'Delete' atau 'Backspace' di Keyboard.
3. Proses seleksi akan terhenti saat titik akhir seleksi bertemu dengan titik awal seleksi. Atau double klik mouse untuk mengakhiri proses seleksi, ilustrasinya seperti berikut,

 



3. Menyeleksi Objek dengan Magnetic Lasso Tool 

 Magnetic Lasso Tool merupakan tool untuk membuat area seleksi berdasarkan tingkat kontras dan warna dari gambar tersebut. Tool ini memiliki cara kerja yang sama dengan magnet dimana garis seleksi akan mengikuti arah sisi gambar yang diseleksi, Brother cukup menggeser mouse di sekitar objek yang ingin diseleksi. Berikut ini Contoh Cara Menyeleksi Objek dengan menggunakan Magnetic Lasso Tool,

1. Klik Magnetic Lasso Tool
2. Klik mouse pada salah satu sisi objek gambar yang akan diseleksi. Kemudian geser mouse ke sekeliling sisi gambar, geser aja ya Bro, jangan di klik,
3. Proses seleksi akan terhenti saat titik akhir seleksi bertemu dengan titik awal seleksi, atau tekan Enter untuk mengakhiri proses seleksi.


Oke Brother, itu dia kira-kira beberapa Tools untuk menyeleksi objek gambar di Photoshop, dan Cara Menyeleksi Objek di Photoshop Versi KoeToe-ID.

Terimakasih, selamat ber-eksperimen dan semoga bermanfaat, 
-Mang KoeToe-

 




Tutorial Photoshop Dasar - Menyeleksi Objek Foto dengan Photoshop (Part 2) Tutorial Photoshop Dasar - Menyeleksi Objek Foto dengan Photoshop (Part 2) Reviewed by Unknown on August 15, 2015 Rating: 5

Related Tutorials

No comments:

Powered by Blogger.