Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Label Garansi



Selamat pagi dan selamat datang kembali di Blog Tutorial Desain CorelDraw dan Photoshop Ilmugrafika.id. Kemarin kita sudah membahas Tutorial Cara Membuat Label Gantung dengan Photoshop, dimana Label gantung ini bisa digunakan untuk label promosi, iklan, dan lainnya. Dan pada Tutorial kali ini kita akan membahas Cara Membuat Label Garansi. Dan Tutorial ini akan sangat berbeda karena disini kita menggunakan Software CorelDraw, versi yang digunakan adalah CorelDraw X7, tapi Brothers bisa praktekkan tutorial ini dengan CorelDraw versi sebelumnya dengan cara yang sama kok.
Seperti namanya Label ini akan sangat cocok untuk digunakan sebagai Label Garansi. Tapi ini tidak membatasi, Brothers bisa gunakan untuk keperluan lain dengan kreasi yang di sesuaikan tentunya.



Oke Bro, Langsung saja kita kupas Tutorialnya.

1. Buka CorelDraw
2. Langkah pertama kita buat Objek dengan Polygon Tool, lalu ubah jumlah sudutnya menjadi 30.



3.  Selanjutnya kita gunakan Shape Tool, klik Shape Tool kemudian tarik sedikit salah satu titik ke arah bagian dalam objek, seperti gambar.



4.  Berikan warna sesuka hati Brothers dan hilangkan outlinenya.



5.  Copy-Paste objek tadi dan ganti warnanya menjadi warna yang lebih cerah. kemudian buat sebuah lingkaran dengan Ellipse Tool, atur dan letakkan seperti gambar di bawah. Kemudian klik pada objek lingkaran, tekan Shift, dan klik pada objek hasil copy-paste tadi. maka keduanya akan terseleksi.
Selanjutnya pada Property Bar klik Intersect (lihat gambar). maka akan menghasilkan objek dari perpotongan objek lingkaran dan objek hasil copy-paste tadi.



6.  Hilangkan Bagian Objek yang tidak diperlukan sehingga hasilnya seperti ini.



7.  Berikan efek Transparency di objek yang tadi kita buat, klik Transparency Tool, kemudian klik dan geser kursor seperti gambar d bawah. sehingga akan terlihat seperti pendaran cahaya.



8. Lanjut, buat 2 buah lingkaran dengan Ellipse Tool, buat1 lingkaran besar dan 1 lingkaran agak kecil.



9. Seleksi lingkaran kecil dan lingkaran besar tersebut. Klik pada lingkaran kecil, tekan Shift, dan klik pada lingkaran besar. kemudian klik ikon Trim yang ada di Property bar. Maka akan terbentuk objek lingkaran hasil perpotongan lingkaran besar oleh lingkaran kecil.



10.  Selanjutnya kita beri warna pada objek tersebut dengan Fountain Fill, atau Gradasi Warna.
klik 2x Fill Tool yang berada di pojok kanan-bawah, muncul jendela dialog. Atur seperti tanda merah di gambar berikut ini.


Untuk yang menggunakan CorelDraw Versi sebelumnya bisa pelajari DISINI


 11. Buat Teks dengan menggunakan Text Tool , dan letakkan di tengah-tengah label yang kita buat tadi.



12. Buat Pita di bagian bawah Label. Pelajari Cara Membuat Pita di CorelDraw
 


13.  Buat lagi teks dengan Text Tool, kemudian klik menu Text - Fit Text To Path, kemudian dekatkan mouse ke pita yang kita buat tadi sehingga teks akan sejajar mengikuti garis pita.



Selesai..



Mudah bukan?

Silahkan Brothers ber-eksperimen dengan memberikan improvisasi dari Tutorial ini, dan jangan lupa Share hasil karya Brothers ke Facebook Fanpage Ilmugrafika.id untuk mendapatkan Apresiasi dari lebih banyak Orang.

Well, itu tadi Tutorial Cara Membuat Label Garansi dengan CorelDraw Versi Ilmugrafika.id. Simak juga Tutorial Lainnya yang pastinya gak kalah seru dan nantikan Tutorial-Tutorial Desain selanjutnya. buat Brothers yang punya pertanyaan, kritik, saran, komentar, masukan, ataupun request tutorial silahkan jejakkan di kolom komentar di bawah, atau hubungi langsung lewat Kontak  Ilmugrafika.id.

Terimakasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Label Garansi Tutorial CorelDraw untuk Pemula - Membuat Label Garansi Reviewed by Unknown on October 06, 2015 Rating: 5

Related Tutorials

No comments:

Powered by Blogger.